Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan maksimal

Sebuah komputer tidak di pungkiri suatu saat nanti akan lemot, dan tentunya sobat harus memperbaikinya ke toko komputer atau tempat servis komputer yang sering sobat kunjungi untuk memperbaikinya, 
 
Tapi alangkah baiknya jika sobat mencoba memperbaikinya sendiri, selain dapat menghemat biaya, sobat juga bisa mempraktekan ilmu yang sangat banyak di dunia internet ini mengenai masalah kecepatan komputer
 
saya mempunyai sedikit tips untuk teman-teman sebagai solusi masalah komputer sobat yang sudah mulai lemot, ada beberapa hal yang harus di perhatikan dan di optimalkan, di antaranya sebagai berikut ini

Perhatikan Visual Grafis

Efek efek visual grafis komputer anda seringkali memberatkan kinerja komputer PC . Oleh karena itu anda harus memilih antara mementingkan visual grafis/tampilan dari komputer anda atau lebih mementingkan kualitas dan performa dari komputer PC . 
 
Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

Langkah optimasi visual

Klik kanan icon My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Visual Effects 
 
Nah disitu kan ada pilihan antara mementingkan kualitas gambar atau performa komputer PC, anda pilih saja yang anda utamakan. 
 
Atau anda bisa pilih sendiri di menu custom, tinggal check/uncheck pilihan anda sesuai dengan keinginan dan kebutuhan anda. 
 
saran agar komputer performanya bagus, sebaiknya hilangkan semua centang dan centang 2 chek bok dari bawah.(paling bawah)

Hindari Aplikasi yang Tidak Berguna

Seringkali Kamu hanya menginstall program untuk memenuhi isi komputer. Padahal semakin banyak program yang ada di komputer maka hardisk akan lebih penuh. 
 
Dan semakin banyak isi hardisk yang terpakai maka komputer anda akan berjalan lebih lambat . Oleh karena itu saya sarankan anda agar melakukan pembersihan seperti di bawah ini : 

Uninstall program-program yang tidak berguna

Caranya : Klik menu start >> Control Panel -> Add or Remove Programs.  Nah disitu akan kelihatan mana program-program yang sering anda pakai dan mana yang tidak. Sebaiknya untuk program yang jarang anda pakai maka di hapus saja dari komputer PC anda.
 

Lakukan Disk Cleanup

Disk Cleanup ini akan membersihkan file-file bekas yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat space hardisk anda.
Caranya : My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang anda ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> Disk Cleanup

Defragment Hardisk Berkala

Defragment ini juga bisa merapikanfile sistem hardisk dari data-data yang tidak berguna. Sehingga ketika sistem sudah rapi, maka proses kinerja komputer menjadi lancar.
Caranya : My Computer -> C: (sesuai dengan hardisk yang anda ingin bersihkan) -> Klik Kanan -> Properties -> (tab) Tools -> Defragment Now

Melakukan Tweaking dengan Software

Banyak software yang tersedia yang mampu meningkatkan performa komputer anda. Diantaranya Tune Up Utilities, CCleaner, RegCleaner dan masih banyak lagi. Tools-tools tersebut juga bisa membersihkan registry anda dari kesalahan-kesalahan / Error. Anda dapat mencari sofware – software tersebut di google.

Optimalkan Virtual Memori

Caranya : My Computer -> Klik Kanan -> Properties -> (Tab) Advance -> (Performance -> Setting) -> Advanced -> (Virtual Memori -> Change) Nah disitu ada bagian custom size anda isi disitu sesuai dengan yang ada di Reccomended

Matikan beberapa fitur Start Up yang tidak berguna

Caranya :
  • Start Menu -> RUN -> Ketikan MSCONFIG -> OK / Enter -> Pilih menu Start Up >> Hilangkan semua centang pada Start up kecuali Program Anti virus
  • Klik Menu service -> Hilangkan centang pada Automatic Updates
  • Setelah itu tekan Apply lalu OK
dan yang lainya ada di sini......di bawah ini :
  • masuk RUN atau dengan tekan pada keyboard yaitu “CONTROL +R” >> ketikan REGEDIT >> masuk HKEY_LOCAL_USER(klik dua kali) >> CONTROL PANEL >> DESKTOP >> lalu cari registeri “MenuShowDelay” ganti anka nominalnya menjadi “0″, setelah itu cari registeri “WaitToKillAppTimeout” ganti anka nominalnya menjadi “2000″. Selesai yang ini.
  • Masih di dalam registery editor, kamu masuk ke “HKEY_LOCAL_MACHINE” >> SYSTEM >> ControlSet001 >> Control >> WaitToKillServiceTimeout >> klik dua kali dan ganti angka nominalnya menjadi “400″ setelah itu ke ControlSet002 >> Control >> WaitToKillServiceTimeout >> klik dua kali dan ganti angka nominalnya menjadi “400″ selesai yang ini.
  • Untuk yang lain kamu masuk “RUN ” lagi, lalu ketikan msconfig>> lalu klik tab STARUP>> KLIK DESABLE ALL>> setelah itu cari aplikasi antivirus dan centang pada kotak kolom di sampingnya biasanya kalau antivirus smadav ada tulisan SMART PROTECTION centang aplikasi itu dan >> klik SAVE. Exit witout restart. Selesai… (biasanya ada aplikasi tertentu yang harus di centang agar tetap update, misalkan adope flash player dll).
Tips di atas Bisa kamu praktekan dan bisa kamu rasakan bedanya performa komputer kamu, jika komputernya masih saja lemot atau ada indikasi virus, 
 
Sebaiknya update antivirus pada komputer yang lemot, dan jika belum berhasil juga ada kemungkinan windows sobat sudah rusak, saya sarankan untuk di bawa ke toko servis komputer terdekat.
 
Kira kira masih kurang apalagi ni sob? komen di bawah ya...

Posting Komentar untuk "Cara Mempercepat Kinerja Komputer dengan maksimal"