5 Penyebab Umum Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya

Laptop Adalah alat electronik yang rentan, sering terjadi laptop gampang panas, sering ngehang, bluescreen dan akhirnya mati sendiri dan hidup lagi sendiri, untuk itu saya mencoba menulis penyebab-penyebab laptop mati sendiri yang umum atau sering terjadi pada laptop, berikut beberapa penyebab laptop mati sendiri :


Banyak Kotoran Debu Di Dalam Laptop

Keluar masuknya angin sangatlah harus di perhatikan dalam laptop, karena banyak kasus yang laptopnya rusak karena hal ini, terus bagaimana prosesnya Debu menyebabkan laptop menjadi mati sendiri atau restart sendiri? 


Begini.. di dalam laptop tedapat pendingin hadrware yang ada di dalamnya, pendingin utama pada laptop yaitu terletak pada kipas prosesor, nah kipas ini haruslah bekerja dengan baik, jika tidak maka panas pada matherboad atau mesin laptop tidak akan bisa keluar di bawa oleh angin,

 
Karena kipas bermasalah atau lubang ventilasi pada kipas tersumbat oleh debu, dan ini bisa menyebabkan kerusakan lainya yang berakibat fatal, jika panas pada laptop tidak bisa keluar maka laptop lama-lama akan overhead dan mati sendiri atau restart. Begitulah singkatnya. 

Cara Mengatasi Debu di dalam Laptop

Untuk cara mengatasinya adalah dengan membongkar laptop dan membersihkanya dengan kuas pada setiap sela-sela yang ada, Namun bila kamu tidak terbiasa saya sarankan untuk di bawa ke tempat servis laptop di dekat anda

Karena sudah banyak kasus temen-teman yang membuka laptopnya sendiri dan berakhir laptop tidak tampil di sebabkan pemasangan kembali yang tidak benar.

Ram Eror Atau Mati

Ram adalah salah satu hardware yang berfungsi untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer, pada laptop bentuknya setengah lebih kecil daripada komputer, nah untuk eror ram bisa menyebabkan laptop mati sendiri, Bluescreen, ngehang, dan lain-lain. 

Cara mengatasi Ram Eror

 Untuk mengatasi Ram eror kamu harus mempunya ram lain untuk mencobanya, tentunya saja solusinya ganti ram, karena untuk memperbaiki ram itu cukup rumit.

Windows Atau Sistem Operasi Rusak.

Kebanyakan kasus yang saya temui adalah windows rusak, banyak sekali kasus windows rusak, mulai dari kena virus, driver tidak cocok, listrik padam tiba-tiba dll. 

Cara mengatasi Windows Rusak

Untuk mengatasi windows rusak kamu bisa mencari erornya terlebih dahulu, cara paling mudah yaitu melakukan install ulang, tapi jika kamu suka otak-atik kamu bisa melihat kode erornya dan melakukan brosing kode eror tersebut untuk mencari solusinya.

Pasta Prosesor Dan IC Kering

Pasta berfungsi sebagai penyalur panas ke pendingin, atau bisa juga di artikan sebagai jalur keluarnya panas ke pendingin, jika pasta tersbut kering maka laptop akan cepat panas dan lambat laun laptop tersebut akan mati sendiri

Cara mengatasi

Cara mengatasinya adalah dengan mengganti pasta yang kering, jika kamu belum terbiasa membongkar laptop sebaiknya serahkan saja dengan ahlinya di daerah kamu

Ada Beberapa hardware yang rusak.

Dalam laptop terdapat beribu komponen kecil, jika ada sala satu saja yang rusak, maka mungkin saja itu bisa membuat laptop agan mati sendiri bahkan mati total

Solusi

Untuk mengetahui hardware yang rusak tentunya kamu harus mempunyai perangkat pengganti untuk mencobanya satu-satu, jadi daripada membeli hardaware yang bellum jelas kerusakanya, lebih baik di bawa ke tempat servis saja, gak pusing dan gak boros.

Itulah sedikit masalah-masalah atau penyebab Laptop mati sendiri, kira-kira masih kurang apalagi ni sob? koment di bawah ya...

Posting Komentar untuk "5 Penyebab Umum Laptop Mati Sendiri dan Cara Mengatasinya"