Cara Screenshot "SS" PC Atau Laptop Windows Tanpa Ribet

Cara screenshoot laptop dan pc atau mengambil gambar dalam sebuah Jendela kerja pada windows mungkin sangat di butuhkan untuk mengingat data-data yang penting seperti password dan email
 
Biasanya Fungsi screenshoot ini akan sangat berguna pada saat kita sedang berkonsultasi masalah komputer dengan teman secara online. dengan melakukan screenshot akan mempermudah mengetahui permasalahanya dan tentu saja mendapat solusi. 
 
Melakukan screenshot juga sering di gunakan para blogger atau penulis untuk membuat tutorial atau artikel bergambar agar semakin menarik. dengan begitu akan semakin mudah mempelajarinya jika ada gambar screenshot pada tutorial yang kita baca.

gambar screenshoot pada laptop dan komputer
Contoh Gambar Screenshot

Ada beberapa cara untuk melakukan screenshot, yaitu dengan menggunakan fitur windows dan menggunakan aplikasi pihak ketiga, 
 
Menggunakan fitur windows atau os lain biasanya sangat simple dan mudah tetapi tidak banyak fitur yang ada di dalamnya, 
 
Berbeda dengan dengan menggunakan aplikasi screenshot pihak ketiga yang fiturnya lengkap dan sangat cocok untuk sobat yang sering membuat tutorial ataupun artikel sebagai alat screenshot sobat. 
 
Pada aplikasi pihak ketiga fiturnya biasanya ada penggunaan watermark, tanda panah, tanda lingkaran memblock tulisan dan lain sebagainya.  
 
Pada artikel saya kali ini menggunakan aplikasi screenshot Fastone capture, kalian bisa mengunduhnya di link di bawah nanti yang akan sertakan, tetapi sebelum itu bacalah tutorialnya yang akan saya tuliskan di bawah ini.
  • Secara Manual menggunakan Fitur windows atau os lain.

    Untuk screenshoot secara manual agan cukup menggunakan tombol screenshoot pada keyboard letaknya ada pada bagian kanan atas keyboard, biasanya di samping tombol pausbreak tombolnya bertuliskan " prt sc sysrq
  • silakan pilih tampilan yang akan di screenshot, setelah di tekan tombol tersebut, pastekan di tempat kerja yang sudah agan siapkan, misalkan di microsoft word, photoshop, paint dll, lalu silakan kalian edit seperlunya dan save, selesai....
  • Menggunakan software fastStone capture.

    Untuk cara yang satu ini saya menggunakan software fastone capture portable, karena mudah, dan nyaman menggunakanya,  
  •  saya share tips ini dengan cara yang pernah saya gunakan untuk mengambil gambar pada layar di  beberapa moment penting saya. 
  • Oke langsung saja silakan sownload software fastone capture portable disini 
  •  jika sudah di download extrat file nya dengan mengklik kan lalu klik extract, atau juga bisa langsung di buka file .exe nya di rar tersebut nanti akan otomatis membuka aplikasinya, dan silakan alian coba-coba sendiri...

Menggunakan Aplikasi Lightshot

 Aplikasi Lightshot ini adalah aplikasi Gratis yang bisa kamu gunakan untuk melakukan screenshot pada layar laptop kamu, aplikasinya cukup mudah dan cara penggunaanya cukup muda juga.

Silahkan kunjungi website resminya di laman berikut ini https://prnt.sc/

Melakukan screenshot bisa bermangfaat untuk kamu untuk mengingat suatu kegiatan yang penting di komputer kamu atau bisa untuk membuat catatan sebagai panduan suatu kegiatan kepada taman.

Jika Belum paham bisa kamu tanyakan di kolom komentar.

2 komentar untuk "Cara Screenshot "SS" PC Atau Laptop Windows Tanpa Ribet"

Comment Author Avatar
Wah saya baru tahu kalau ada aplikasi untuk screenshot desktop atau wall pc
Comment Author Avatar
iya mas.. cocok untuk blogger yang suka buat tutorial heheh

Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.