Cara mengatasi laptop atau komputer tidak ada suaranya

 komputer tidak ada suaraLaptop atau komputer merupakan barang elektronik yang bisa rusak kapan saja, maka dari itu merawat laptop atau komputer harus dengan teliti dan continue, di antara masalah-masalah yang muncul pada laptop atau komputer adalah tidak keluarnya suara, lalu apa penyebab komputer atau laptop tidak bisa mengeluarkan suara.? ada beberapa kemungkinan yang harus di coba kenapa komputer tidak bisa mengeluarkan suara sebagaimana mestinya yaitu sebagai beikut.

Kemungkinan atau penyebab komputer/laptop tidak ada suaranya.

  • Speaker yang di gunakan mati.
  • driver belum diinstall.
  • Driver tidak compatible atau tidak cocok.
  • Ic sound pada mainbord mati.
  • Driver sudah terinfeksi virus.
Dari beberapa kemungkinan di atas, kita bisa langsung menyimpulkan apa yang harus di lakukan terlebih dahulu, atau apa yang harus di chek dulu. nah cara mengatasinya adalah sebagai berikut.

Cara mengatasi Komputer atau laptop tidak ada suaranya.

  • Periksa speaker hidup atau mati.

    sebelum memeriksa hardaware lainya. silakan kamu chek terlebih dahulu speaker yang kamu gunakan apakah normal atau tidak. kamu bisa menggunakan speaker lain atau earphone yang ada.
  • periksa volume suara.

    priksa volume suara speaker atau pada desktop kamu, pada bagian kanan bawah layar komputer kamu lihat ada gambar speaker, klik dan naikan ke atas untuk memperbesar volume suara. dan pastika volume suara pada speaker yang kamu gunakan sudah di perbesar.
  • Periksa driver audio sound yang terdapat pada komputer.

    periksalah driver audio pada komputer atau laptop kamu, caranya klik menu start >> klik kanan my computer >> pilih properties >> dan pilih device manager. posisi ada di kanan atas. setelah itu carilah pada bagian sound, video and game controler, atau jika pada driver masih ada hardaware yang ada tanda tanya pastikan itu bukan driver audio, jika audio berarti driver audio belum diinstall, silakan install drivernya terlebih dahulu dan lihat hasilnya.
  • Driver tidak compatible.

    Mengapa driver tidak compatible.? biasanya driver tidak compatible karena kamu menginstall driver yang salah pada matherboard komputer kamu, silakan cari dan download driver audionya di internet sesuai seri matherboardnya dan install kembali, jika di kira sudah cocok tapi tetap tidak bisa maka mungkin saja ic soundnya mati. maka ganti saja dengan soundcard, bila pada laptop kamu bisa menggunakan sound usb. silakan beli di toko komputer terdekat.
  • Driver terinfeksi virus.

    Virus adalah masalah komputer universal :D , kenapa? ya memang paling banyak keluhan komputer atau laptop itu di karenakan virus, komputer lambat, blue screen dan lainya bisa karena virus, lalu bagaimana kalau tidak ada suaranya di karenakan virus? coba uninstall driver audionya. dengan klik kanan pada driver aundi"device manager" >> lalu klik uninstall driver. dan silakan restar komputer. jika driver tidak terinstall otomatis maka kamu harus mengintallnya kembali secara manual. tetapi jika cara ini tidak berfungsi silakan kamu install ulang komputer kamu. #baca antivirus terbaik dan ringan

Itulah beberapa tips tentang maslah komputer atau laptop yang tidak ada suaranya, semoga dengan tulisan mtohirun di atas kamu bertambah wawasan tentang masalah komputer laptop kamu, dan bisa memperbaikinya sendiri, jangan lupa untuk klik like dan share ya gan..

Posting Komentar untuk "Cara mengatasi laptop atau komputer tidak ada suaranya"