Hal-hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Menggunakan Ubuntu.

Ubuntu merupakan salah satu distribusi Linux yang berbasiskan Debian dan didistribusikan sebagai perangkat lunak bebas. Nama Ubuntu berasal dari filosofi dari Afrika Selatan yang berarti "kemanusiaan kepada sesama". Ubuntu dirancang untuk kepentingan penggunaan pribadi, namun versi server Ubuntu juga tersedia, dan telah dipakai secara
luas. Proyek Ubuntu resmi disponsori oleh Canonical Ltd. yang merupakan sebuah perusahaan yang dimiliki oleh pengusaha Afrika Selatan Mark Shuttleworth. Tujuan dari distribusi Linux Ubuntu adalah membawa semangat yang terkandung di dalam filosofi Ubuntu ke dalam dunia perangkat lunak. Ubuntu adalah sistem operasi lengkap berbasis Linux, tersedia secara bebas, dan mempunyai dukungan baik yang berasal dari komunitas maupun tenaga ahli profesional.

cara menggunakan ubuntuSebelum mengenal ubuntu dan mengoperasikanya selama beberapa hari,  saya sempat kesulitan menggunakan aplikasi yang ada pada ubuntu, dan saya sempat kehilangan data 200gb yang tidak terselamatkan lagi karena kesalahan saya saat menginstall os ubuntu, akhir cerita saya harus merelakan data tersebut dan konsentrasi untuk belajar ubuntu, karena saya menggunakan ubuntu secara keseluruhan pada laptop saya dan menghapus windows yang biasanya saya pakai akhirnya saya sudah mulai terbiasa dengan ubuntu, berawal menginstall versi 14.04 lalu kakaknya 15.04 dan yang sekarang adalah ubuntu 16.04.

Ada beberapa hal yang harus kamu pikirkan dan lakukan terlebih dahulu sebelum menggunakan ubuntu, di karenakan menggunakan ubuntu tidak seperti menggunakan os windows yang serba mudah dan support aplikasi game besar, menggunakan ubuntu harus serba teliti dan banyak belajar, tetapi untuk beberapa hari saja semuanya menjadi mudah dan cocok untuk keperluan sehari-hari. entah itu pekerjaan atau sekedar hobi.

Di bawah ini saya akan menuliskan beberapa hal yang harus kamu lakukan sebelum menginstall ubuntu.


BackUp Data pada Hardisk.

Menginstall ubuntu tidak seperti menginstall windows, kalau pada windows kita bisa membuat partisis saat penginstallan, dan tentu saja mudah membuat partisinya karena semuanya serba otomatis, tetapi kalau pada ubuntu kita harus membuat partisi terlebih dahulu sebelum menginstall ubuntu, cara membuat partisinya kita bisa menggunakan cd hiren, atau aplikasi pihak ketiga lainya seperti partition magic pada windows, nah jika kita tidak teliti melakukan penginstallan ubuntu kita bisa kehilangan data yang seharunsya bisa kita hindari, ini dari pengalaman saya yang sudah saya jelaskan di atas, saya menginstall ubuntu tanpa membuat partisi terlebih dahulu dan saya membuat kesalahan dan berahir kehilangan data saya. maka dari itu saya sarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu.


Melakukan Dual Boot windows dengan ubuntu.

Mungkin hal ini yang paling banyak pengguna ubuntu lakukan, memasag dual boot os pada laptop sobat adalah solusi yang sangat bagus untuk di coba, dual boot disini adalah menginstall os windows dan ubuntu pada satu hardisk jadi saat kita membutuhkan aplikasi yang ada windows kita bisa menggunakanya lagi dan saat ingin belajar ubuntu kita bisa membukanya dengan dual boot ini.
cara memasang dual boot os ubuntu dan windows akan saya tuliskan di artikel lain.

Tidak cocok untuk Pemain Game akut.

Nah untuk masalah yang satu ini sangatlah penting, perlu kamu ketahui bahwa ubuntu adalah os gratis yang bisa di gunakan siapa saja, tidak seperti windows yang berbayar, banyak pembuat game tentunya akan tertarik dengan pembuatan game yang di gunakan untuk os yang tidak gratisan, karena para pembuat game tentu saja akan menjual game tersebut sebagai penghasilan. tetapi jangan khawatir, pada ubuntu juga ada game yang bisa kita mainkan tetapi kebanyakan masih game kelas bawah yang gambarnya biasa-biasa saja.
*ada juga game besar yang berbayar.

Cocok untuk yang suka banyak belajar.

Menggunakan ubuntu tentu saja akan menghadapi sesuatu yang baru yang akan terus di update oleh banyak pengembang linux ubuntu, karena ubuntu bersifat open source yaitu os atau program yang bisa di gunakan atau di edit sistem yang ada di dalamnya oleh banyak orang secara bebas. bebas disini bukan berarti gratis ya, tetapi kebanyakan pada ubuntu memang gratis, mengingat saya kurang terlalu suka menggunakan yang berbayar hehehe. dan karena bersifat open source kamu bisa belajar merubah apa-apa yang ada di dalam ubuntu yang kamu gunakan. dan munculan yang namanya distro. apa itu distro linux.? yaitu macam-macam os linux, ubuntu sendiri adalah salah satu distro os linux, contoh lainya linux backtrack, linux mint, kubuntu, edubuntu dan masih banyak lagi, di indonesia pun sudah ada distro dengan nama tersendiri. kamu bisa mencari di forum linux indonesia.


Yakini kalau ubuntu itu mudah.

Hal yang satu ini hanya pendapat saya saja, dulu waktu saya masih menggunakan windows saya sering menganggap kalau linux ubuntu itu sulit, tetapi lambat laun setelah saya bosan dengan tampilan yang seperti itu-itu saja akhirnya saya bertekad untuk mencoba salah satu distro linux ini, tidak tanggung-tanggung saya langsung menginstallnya tanpa dual boot dengan windows, dan harus belajar banyak lagi, tetapi setelah beberapa hari akhirnya saya sudah terbiasa dengan tampilan pada ubuntu, perintah-perintah dasar ubuntu tetapi tidak semuanya saya bisa, pokoknya asiklah untuk di coba. Ayo pakai Linux Ubuntu.

Banyak Komunitas Ubuntu untuk saling berbagi pengalaman dan masalah Ubuntu.


Komunitas Ubuntu ternyata banyak banget sob, jadi kamu tidak usah kawatir kalau kamu kesulitan tentu saja masih banyak teman-teman atau suhu-suhu yang sudah master di bidang linux, rata-rata mereka yang menjawab pertanyaan adalah suhu yang sangat baik, tentunya seorang programer. itu pengalaman saya. dan komunitasnya sudah banyak sekali baik itu komutas website, group facebook, dan lainya. ada juga forum ubuntu help khusus di ubuntu help biasanya saya hanya menyalin pesan eror lalu saya pastekan di google dan keluar ubuntu help beserta solusi permasalahanya. tetapi pada situs ubuntu help berbahasa inggris. kalau kamu belum mahir berbahasa inggris sebaiknya buka web google translate sebagai bantuan. itu yang saya lakukan.

Bagaimana tertarik menggunakan ubuntu os untuk laptop kamu? mungkin itulah yang bisa saya bagikan dan tentunya masih banyak sekali kekurangan materi atau kesalahan lainya pada artikel, tetapi saya berharap artikel ini bermangfaat untuk sesama. 

Posting Komentar untuk "Hal-hal Yang Harus Kamu Tahu Sebelum Menggunakan Ubuntu."