Cara Mengatasi tidak bisa install Gimp pada Ubuntu 16.04 -Broken Packages-

Gimp adalah salah satu aplikasi edit foto yang sudah di sediakan oleh ubuntu, aplikasi ini sebagai alternatif pengganti edit foto photoshop, siapa yang tidak tahu photoshop? hampir semua orang yang suka mengolah gambar tentu saja tahu dengan aplikasi yang satu ini. Begitu pula pad ubuntu terdapat aplikasi edit foto dan di sediakan secara gratis dengan fitur yang tidak kalah menarik, aplikasi ini di sediakan gratis di ubuntu software center. Cara install aplikasi linux memang sedikit sulit daripada menginstall aplikasi pada windows yang hanya tinggal klik install dan next saja sampai selesai, tetapi pada linux ubuntu harus menggunakan internet, menggunakan terminal, tidak bisa sembarangan install, harus mengubah repository agar berjalan lebih cepat dan lain sebagainya yang harus di ubah menjadi senyaman mungkin, tetapi dengan cara ini kita menjadi lebih terbiasa dengan yang namanya program-program penting pada ubuntu, mengatasi maslah pada ubuntu, dan tentu saja kita lebih melek terhadap teknologi yang terus di update setiap saat.
gagal install Gimp

Menginsatll aplikasi pada linux ubuntu memang ada beberapa pilihan, dari tingkat yang paling mudah, menengah sampai tingkat mahir, untuk yang termudah kamu bisa menggunakan Ubuntu software center, yaitu berisi aplikasi-aplikasi yang siap di download dan di install seperti pada google plaaystore pada android, tingkat menegah dengan menggunan synaptic manager yaitu aplikasi ketiga untuk menginstall aplikasi ubuntu, yang terahir adalah menggunakan terminal, cara ini sangat sulit karena kita harus hafal perintah-perintah pada linux ubuntu.

Menginstall Gimp lewat ubuntu software center cukup mudah, yaitu dengan membuka ubuntu software center dan mencari aplikasi Gimp dan mendownload aplikasi yang otomatis nantinya langsung terinstall di komputer sobat. sobat juga bisa menginstallnya melalui terminal dengan perintah sudo apt-get install gimp, nanti jika berhasil aplikasi akan langsung terinstall di ubuntu sobat. tetapi ada kalanya terjadi maslah saat menginstall aplikasi ini sob, bisa saja gagal di karenakan dipendencies yang tidak bisa terinstall atau Broken packages dan lainya, contohnya hasilnya seperti di bawah ini.

tohirun@tohirun-desktop:~$ sudo apt-get install gimp
[sudo] password for tohirun:
Reading package lists... Done
Building dependency tree    
Reading state information... Done
Some packages could not be installed. This may mean that you have
requested an impossible situation or if you are using the unstable
distribution that some required packages have not yet been created
or been moved out of Incoming.
The following information may help to resolve the situation:
The following packages have unmet dependencies:
 gimp : Depends: libgegl-0.2-0 (>= 0.2.0) but it is not going to be installed
E: Unable to correct problems, you have held broken packages.

Nah cara mengatasi Unable to correct problems, you have held broken packages bisa kamu lakukan dengan melakukan perintah-perintah di bawah ini.

Langkah yang pertama bukalah terminal dengan menekan tombol CTRL+ALT+T pada keyboard dan masukan printahnya satu persatu.
sudo apt-get autoremove
sudo apt-get clean
sudo apt-get autoclean
sudo apt-get check
sudo dpkg --configure -a
sudo apt-get -f install
sudo apt-get update

Cobalah satu persatu perintah di atas, sampai selesai. setelah itu restart komputer atau laptop sobat. jika berhasil kamu sekarang bisa menginstall aplikasi Gimp melalui terminal ataupun melalui ubuntu software center download. tetapi jika cara di atas tetap tidak berhasil kamu bisa mengubah repository aplikasi ubuntu sobat. caranya kamu bisa membaca di link di bawah ini.
## Cara mengganti Repository pada linux Ubuntu

Untuk kasus yang pernah saya alami, saya menggunakan server repository repo, UI. setelah saya melakukan cara di atas tetapi masalahnya tetap tidak terpecahkan akhirnya saya merubah repository server menjadi KAMBING. dan saya berhasil menginstall aplikasi GIMP dengan lancar.

Semoga bermangfaat.. 

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi tidak bisa install Gimp pada Ubuntu 16.04 -Broken Packages-"