Cara Mudah Extract File Winrar pada Ubuntu

Rar adalah metode compres file yang sangat populer, banyak sekai file-file besar yang menggunakan winrar ini, untuk pengguna windows tentunya sudah banyak yang tidak asing dengan aplikasi yang satu ini. aplikasi winrar yang sangat kecil dangat berguna untuk mencompress data-data penting atau hanya untuk mengamankan file dari serangan virus.

Tetapi aplikasi winrar tidaklah gratis mengingat fitunya yang sangat bagus, yaitu supports data compression, error recovery, dan file spanning. saat mengextrack file winrar pada windows mungkin mudah saja, karena memang aplikasi winrar biasanya sudah diintall saat melakukan intall pada komputer, walaupun aplikasi tersebut trial selama tiga puluh hari, dan setelah itu akan ada notifikasi evaluasi copy software yang muncul ketika membuka file winrar/ atau mengextract file rar.

Pada ubuntu untuk mengextact file winrar kita harus menggunakan aplikasi yang semacam dengan winrar, seperti Unrar dan 7-Zip, tetapi pada Tutorial yang akan saya  bagikan ini saya akan menggunakan aplikasi Unrar, aplikasi Unrar ini seperti aplikasi winrar yang berfungsi untuk menextract file winrar, biasanya ubuntu yang belum diinstall dengan aplikasi Unrar atau 7-zip tidak akan bisa mengextract file rar tersebut dan muncul pesan eror seperti di bawah ini.
Cara Mudah Extract File Winrar pada Ubuntu

Untuk cara install aplikasi pengganti winrar pada ubuntu(Unrar) bisa kamu ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Komputer Ubuntu sobat harus terkoneksi dengan internet terlebih dahulu, setelah itu buka terminal dengan menekan tombol CTRL+ALT+T secara bersamaan. setelah itu masukan printah di bawah ini dan tekan enter.
sudo apt-get install unrar
Masukan password ubuntu sobat. dan tunggu sampai selesai. setelah itu coba kembali mengextract file winrar sobat. semoga artikel ini membantu. 

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Extract File Winrar pada Ubuntu "