Tips Install Ulang Windows pada hardisk yang di deepfreeze tanpa kehilangan data

Deepfreeze adalah program yang berguna untuk mengembalikan sistem atau data pada sebuah partisi windows menjadi seperti saat komputer  di nyalakan pertama kali, deepfreeze ini akan mencegah perubahan yang ada dalam sistem atau partisi yang sudah di deepfreez, mislkan komputer saat pertama kali di install dan masih bersih bebas dari virus. selanjutnya komputer saat itu sudah terlindungi oleh deepfreeze dan sudah di restart dan di gunakan untuk kepentingan online berselancar diinternet dengan bebas. diinternet ini tentunya kita tidak memungkiri kalau virus datang dari internet sangat banyak sekali, karena hampir jalan yang paling mudah di lalui virus yaitu lewat internet, seperti saat mengunduh software, mengunduh mp3 , klik iklan yang salah, dan masih banyak lainya.

Bila sebuah komputer terinstall deepfreez yang aktif, maka walaupun komputer diinstall software apapun atau ada data yang di copy di drive yang sudah di ddepfreez akan kembali seperti semula baik data atau program yang diinstall atau di hapus sebelumnya akan hilang atau kembali.  misalkan di sebuah warnet kebanyakan komputer client pada bilik warnet sudah terintall deepfreze, saya menginstall program baru untuk saya gunakan, setelah itu saya selesai memakainya dan saya merestart atau mematikan komputer dan menghidupkan kembali, maka program yang sebelumnya saya intall akan hilang, atau contoh lain adalah misal saya menuninstall/menghapus program pada komputer  yang sudah terinstall deepfreze, setelah selalesai menghapus program tersebut saya restart komputer, maka program yang saya hapus sebelumnya akan kembali ada seperti semula. itulah fungsi dari deepfreze, kebanyakan fugsi ini sebagai pencegahan agar virus tidak bias masuk ke dalam sistem, saat komputer di restart semuanya sudah kembali seperti semula.

Nah Tips yang akan saya berikan ini adalah bagaimana cara install ulang pada harsdisk yang di deepfreez pada semua partisi. karena biasanya kita membackup data yang ada pada drive che (tempat os , my dokument, musik dll) di drive local disk D, karena untuk install ulang kita hanya akan menghapus data che, tetapi bagaimana kalau kita menemui drive yang di deepfreze pada semua partisi, maka sekali restart pada semua drive akan kembali seperti semula. untuk itu tips ini akan sangat berguna untuk sobat yang ingin menginstall tanpa harus khawatir kehilangan data pada drive dhe dan lainya.

Cara Install windows pada hardisk yang di deepfreze tanpa kehilangan data.

Langsung saja ke bagian isi dari artikel ini, berikut adalah tips cara install windows pada hardisk yang di deepfreze.


  • Gunakan bootable live cd untuk membackup data yang ada pada drive local disk C, dan pindahkan ke data tersebut di local disk D. 
  • setelah sekiranya semua data penting di pindahkan ke dalam drive D, format partisi local disk C yang berisi sistem windows dan program lainya karena dengan mengformat atau menghapus partisi sistem yang ada pada local disk che otomatis akan menghapus program deepfreze yang sudah terinstall, di karenakan program deepfreze sudah hilang maka pengaruh pada partisi yang di deefreze sudah hilang, dan data yang sebelumnya di copy di local disk D akan aman.
  • Setelah drive che sudah di pastikan terformat, silakan lakukan install windows seperti biasanya. 
** catatatn.
Jangan lupa untuk memastikan partisi windows (misal :local disk C) sudah benar-benar terhapus, dan jika sudah terhapus silakan laukan install ulang. pada permaslahan ini yaitu deepfreez yang aktif pada windows aktif pada semua partisi, jadi kalau anda mencopy data pada drive c ataupun D,E dan lainya akan kembali seperti semula. berbeda lagi jika pada drive che saja, maka jika kita mencopy, mengedit data pada drive bisa di lakukan, di karenakan drive tidak masuk dalam program deepfreze.

Semoga artikel ini bermangfaat, ini adalah hasil catatan saya waktu itu saat menginstall windows dengan kasus di atas, sempat ragu namun akhirnya saya memantapkan diri, dan cara di atas berhasil saya lakukan. saya menggunakan live cd seperti Hiren boot Cd, bisa sobat cari di google, atau menggunakan ubuntu live cd. Jangan lupa untuk like dan berkomentar. 

1 komentar untuk "Tips Install Ulang Windows pada hardisk yang di deepfreeze tanpa kehilangan data "

Comment Author Avatar
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.