Cara convert file pdf to word pada Ubuntu

Pdf to word biasanya di perlukan saat kita butuh menyalin kalimat atau kata yang ada pada file pdf, atau mengedit isi dari pdf tersebut, biasanya aplikasi pembuka pdf tidak bisa mengedit isi dari pdf kecuali beberapa aplikasi pro yang biasanya kita harus membelinya terlebih dahulu, untuk menconvert pdf to word kita harus menggunakan aplikasi khusus yang memang di pergunakan untuk menconvert file pdf, untuk pengguna windows sudah banyak sekali aplikasi untuk convert pdf to word ataupun word to pdf yang di sediakan gratis ataupun berbayar, tetapi untuk sobat pengguna linux tentu saja hal ini cukup menjadi hal yang baru, karena tidak biasanya linux di gunakan untuk hal-hal yang demikian, dan pengguna linux diindonesia juga masih kalah jumlah di banding dengan windows.

convert pdf to word pada ubuntu
Untuk pengguna linux tidak usah kawatir, khususnya saya menggunakan ubuntu jadi saya akan membagikan tutorial ini untuk pengguna ubuntu, mungkin cara ini bisa di lakukan pada distro linux lainya. cara convert pdf ke word pada ubuntu yaitu dengan menggunakan aplikasi Abiword, aplikasi ini seperti aplikasi office lainya yang berfungsi sebagai converter pdf to word, caranya cukup mudah hanya dengan membuka aplikasinya, membuka file pdf yang akan di convert selanjutnya tinggal menunggu hasilnya, dan klik save pada jendela layar atas.

Cara menginstall abyword bisa menggunakan terminal, syaratnya komputer ubuntu kamu harus terkoneksi dengan internet untuk mengunduh file aplikasi abyword, caranya masuk terminal, selanjutnya ketikan perintah di bawah ini.

sudo apt-get install abiword 
Masukan password admin ubuntu kamu, dan tunggu hingga proses intall selesai. jika sudah selesai mengunduh aplikasi dan selesai meninstallnya, silakan kamu buka pada menu dash (all program) dan ketikan Abyword pada kolom pencarian dan silakan buka aplikasinya, jika sudah terbuka kamu lanjutkan dengan langkah-langkah yang sudah tertulis di atas.