10 Aplikasi Penting Untuk Ubuntu Yang Perlu Kamu Kamu Coba

Sebagai seorang pengguna Ubuntu tentu mempunyai aplikasi dengan standar mereka sendiri, karena dari pekerjaan atau aplikasi yang di butuhkan juga berbeda-beda, mulai dari multimedia, design tentunya hal tersebut menjadi prioritas masing-masing, Aplikasi ubuntu sebenarnya tidaklah sulit untuk kita jumpai, kebanyakan apa yang kita butuhkan sudah ada baik itu aplikasi perkantoran atau aplikasi untuk keperluan pribadhi seperti edit video.

download aplikasi linux ubuntu

Untuk teman-teman yang mungkin masih baru dalam menggunakan os linux ubuntu tentunya agak bingung dengan aplikasi-aplikasi yang mesti diintall pada laptop sobat, karena kebanyakan yang mencoba ubuntu adalah temen-temen yang biasanya penasaran bagaimana cara menggunakan linux ubuntu yang di katakan sulit pengoprasianya oleh banyak orang, sebenaranya hal itu tidak sepenuhnya benar, tetapi memang banyak hal yang baru harus kita ketahui, kususnya diindonesia pengguna linux masih kurang dan untuk menanyakan jikalau ada masalah menjadi cukup sulit, tetapi sekarang ini anda tidak usah khawatir, banyak group-group yang sudah tersedia di jejaringsosial, baik itu facebook, whatsapp , telegram dan situs-situs forum lainya yang siap menjawab pertanyaan sobat jikalau ada kesulitan.

Beberapa Hal yang di lakukan setelah menginstall ubuntu adalah menginstall aplikasi tentunya, untuk mendownload aplikasi ubuntu biasanya kita harus online langsung dari ubuntu kita, untuk instalasi secara offline saya rasa untuk yang baru mengenal ubuntu itu cukup sulit, bahkan saya sendiri juga belum bisa meninstall alikasi pada ubuntu secara offline, jadi tetap semangat menimba ilmu terus kalau ingin  menggunakan ubuntu.

Beberapa aplikasi penting untuk ubuntu yang akan saya tuliskan ini saya tujukan untuk teman-teman yang baru mengenal ubuntu, saya harap berguna sebagai referensi untuk teman-teman supaya tidak bingung apa yang harus diinstall setelah menginstall ubuntu.

Beberapa aplikasi memang sudah di cantumkan dalam penginstallan ubuntu, seperti office, pemutar video, pemutar musik seperti rytimbox tetapi untuk menggunakanya kita harus meninstall plugin mp3 terlebih dahulu, Baca juga : Cara mudah Install codec pada ubuntu, tidak lupa mozila firefox sebagai browser standar ubuntu, dan beberapa aplikasi lainya. nah untuk aplikasi lainya ini kita harus mencari dan menginstall sendiri, tentunya tidak cukup dengan hanya aplikasi standart seperti itu bukan?

Di bawah ini akan saya tuliskan beberapa aplikasi penting yang mungkin harus sobat install setelah meninstall ubuntu. silakan sobat baca dengan seksama.

Vlc Media Player


Vlc media player
Vlc Media player adalah aplikasi pemutar multimedia baik itu video ataupun musik yang sangat mudah dan ringan, aplikasi ini gratis dan banyak sekali platfrom os yang di dukung, biasanya saya menggunakan aplikasi ini untuk memutar video atau film-film, untuk pemutar musik ada sendiri nantinya akan saya tuliskan. cara meninstall Vlc media player silakan buka terminal dan masukan perintah di bawah ini satu persatu.
sudo apt-get update
sudo apt-get install vlc


Audacious


Audacious
Berikutnya adalah Audacious, adalah aplikasi multimedia yang berguna untuk memutar musik mp3, apliaksi ini sangat cocok dan bagus, simple sekali dari segi interface tidak banyak yang membingungkan, saya juga menggunakan aplikasi ini pada laptop saya, cara menginstallnya yaitu kamu buka terminal terlebih dahulu (dalam keadaan connet internet), selanjutnya masukan perintah di bawah ini.
sudo apt-get update
sudo apt-get install audacious

Xtream Download Manager


Internet download manager di ubuntu

Siapa yang tidak tahu dengan Internet download manager ? pengguna windows yang suka download tentunya sudah hafal dengan aplikasi yang satu ini, aplikasi download manager berfungsi sebagai aplikasi yang membantu kecepatan, kesetabilan saat mengunduh dari internet, di dalam ubuntu juga ada aplikasi download manager, aplikasi Xtream download manager adalah sallah satunya, aplikasi ini gratis, dan sangat bagus menurut saya, cuman kadang kurang di bagian extensi browser, kadang terjadi eror, aplikasi ini juga bisa kita gunakan sebagai youtube downloader, Menurut saya fitur dari xtreame download manager cukup lengkap. untuk menginstallnya silakan baca di link di bawah ini.

Google Chrome


Aplikasi Browser yang satu ini kalau gak sobat kenal berarti memang anda tidak menyukainya, bagaimana tidak, google chrome adalah browser yang banyak sekali di pakai rata-rata pemakai komputer, kenyamanan yang di dukung sendiri oleh google tentunya menjadi penyebab populernya browser ini. cara meninstallnya cukup mudah, anda bisa mengunduh file debnya secara langsung di webnya https://www.google.com/intl/en-US/chrome/browser/desktop/index.html dan atau mengintallnya lewat terminal.
wget -q -O - https://dl-ssl.google.com/linux/linux_signing_key.pub | sudo apt-key add - 
sudo sh -c 'echo "deb [arch=amd64] http://dl.google.com/linux/chrome/deb/ stable main" >> /etc/apt/sources.list.d/google-chrome.list'
sudo apt-get update
sudo apt-get install google-chrome-stable
Masukan perintahnya satu persatu ya.

Telegram Masengger


cara install telegram di ubuntu

Aplikasi Telegram masengger adalah aplikasi pesan singkat yang mulai populer saat ini, aplikasi ini cukup bagus, anda harus menggunakan nomer hand phone sobat untuk menggunakanya, seperti aplikasi whatsapp masengger, namun fiturnya agak berbeda sedikit. kelebihanya aplikasi telegram masengger bisa diintall pada perangkat windows Desktop atau os lainya. cara menginstall silahkan baca di link di bawah ini.

Chromium Browser


Browser yang satu ini cukup membuat saya senang memakainya, mungkin browser ini sebagai pengganti dari google chrome tetapi saya tidak tahu yang sebenarnya, yang jelas browser ini juga penting menurut saya. cara menginstallnya sobat bisa melalui ubuntu software center, dan juga melalui terminal dengan perintah di bawah ini.
sudo apt-get install chromium-browser

Gimp Image Editor


Gimp image editor

Gimp adalah aplikasi edit gambar layaknya seperti adope photoshop, aplikasi ini gratis dan fiturnya juga cukup lumayan, anda bisa menginstall melalui ubuntu software center atau melalu terminal dengan perintah di bawah ini.
Sudo apt-get install gimp

Inscape Vector Grapich Editor


Yang suka desain tentunya anda harus mencoba aplikasi yang satu ini, Inscape adalah aplikasi desai vector, kalau anda pengguna windows tentunya anda mengenal dengan yang namanya coreldraw, aplikasi ini adalah aplikasi coreldrawnya linux ubuntu. silakan anda berexplorasi sendiri. untuk menginstallnya silakan buka terminal dan masukan perintah di bawah ini.
Sudo apt-get install inkscape
Anda juga bisa menginstallnya lewat ubuntu software center, cara ini relatif lebih mudah.

Brasero Untuk Burning cd atau dvd


burning dvd di ubuntu
Bagi teman-teman yang suka menyimpan data pada cd atau dvd tentunya sobat memerlukan aplikasi yang satu ini, aplikasi burning dvd ini cukup simple dan mudah untuk di gunakan, caranya cukup mudah dan aplikasinya juga ringan untuk di gunakan, di ubuntu versi lawas, seperti 12, 10 mungkin sudah terinstall aplikasi yang satu ini, tetapi jika sobat menggunakan aplikasi ubuntu 16.04 anda harus menginstallnya sendiri. cara menginstallnya bisa melalui ubuntu sofware center atau melalui terminal dengan perintah di bawah ini.
sudo apt-get install brasero

Itulah beberapa aplikasi yang menurut saya cukup penting untuk diinstall pada ubuntu sobat, ingat peginstallan aplikasi pada ubuntu di atas menggunakan cara dengan keadaan komputer dalam keadaan terkoneksi dengan internet, kadangkala kita juga bisa mengalami kendala saat penginstallan aplikasi pada ubuntu, seperti Broken Packages Anda bisa membaca salah satu contoh masalahnya saat saya menginstall gimp dan mengalami maslah ini silakan baca di link di bawah ini.

Cara Mengatasi tidak bisa install Gimp pada Ubuntu 16.04 -Broken Packages- 

Dari beberapa aplikasi penting yang saya tuliskan di atas adalah aplikasi yang tidak terinclude pada ubuntu, selain itu aplikasi kantoran yang kita butuhkan sudah tersedia dan siap kita pakai tanpa menginstall terlebih dahulu seperti libre office untuk keperluan kantor, pembaca pdf dan lain-lainya.

Terimakasih sudah mampir jangan lupa untuk berkomentar.

Posting Komentar untuk "10 Aplikasi Penting Untuk Ubuntu Yang Perlu Kamu Kamu Coba"