Cara Mudah Install Codec Multimedia Ubuntu

Ubuntu adalah salah satu distro Linux yang cukup populer, Tampilanya yang cukup mudah di gunakan menjadi salah satu alasan kenapa distro ini cukup di gemari banyak orang, selain itu support dari para pengguna ubuntu lainya cukup mudah di temukan.

Banyak dari teman-teman yang takut untuk berpindah dari os Windows ke linux di karenakan kebanyakan mereka takut dan mengganggap sulit ubuntu, sebenarnya hal itu tidak benar, menggunakan ubuntu cukup mudah, yang sulit mungkin hanya beberapa saat penginstallan program yang kemungkinan banyak di temui di windows. tetapi dari segi tampilan visual, aplikasi kerja, Ubuntu sudah memenuhi kebutuhan. Kekurangan yang ada pada linux adalah tidak support banyak game, apa penyebabnya? mungkin para developer Game tidak membuat untuk os yang gratis atau Open source, tetapi untuk os yang berbayar seperti windows dan os X.
cara install codec multimedia ubuntu

Kendala saat menginstall dan menggunakan ubuntu pertama kali adalah tidak bisa memutar file multimedia, baik itu audio ataupun video, permasalahan ini bukan karena driver yang belum diinstall seperti pada windows, tetapi plugin mp3 yang tidak diikut sertakan pada ubuntu, hal tersebut di sebabkan adanya kendala pada licensi pada beberapa codec yang bukan open source atau software gratis.
# baca juga : 5 Aplikasi pemutar audio pada ubuntu yang mesti kamu coba

Walaupun kita belum menginstall codec multimedia kita bisa mendengarkan musik lewat youtube, pernah saya mengalami kesulitan saat mengisntall codec multimedia ini, dan akhirnya saya harus sabar dulu mencari solusi dan hanya mendengarkan musik lewat youtube atau musik online lainya menggunakan firefox bawaan linux ubuntu.

Cara Install codec multimedia ubuntu

Ada beberapa cara untuk menginstall codec multimedia ini, dari cara-caranya ada yang mudah dan ada yang sulit. silakan kalian simak di bawah ini.

Install Codec Lewat Ubuntu software

Menginstall lewat ubuntu spftware center sangatlah mudah, anda hanya harus menginstall codec ubuntu dengan mendownloadnya langsungdari ubuntu software center, tunggu beberapa saat hingga proses pengunduhan selesai maka kamu bisa mencoba langsung memutar file multimedia yang ada pada komputer sobat. syarat harus terkneksi dengan internet karena harus mengunduh file codec.


Install codec ubuntu lewat Terminal

Cara menginstall codec lewat terminal saya rasa cukup mudah, syaratnya komputer harus terknoeksi seperti menginstall lewat ubuntu software center. caranya lihat di bawah ini.
  • Buka terminal dengan meekan tombol Ctrl + ALT + T pada keyboard.
  • selanjutnya masukan "sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras"
  • masukan password ubuntu sobat.
  • dan tunggu proses download hingga selesai.

Install codec ubuntu dengan menginstall Vlc Media player

Cara yang satu ini adalah cara yang paling sukai karena proses penginstallan yang cukup cepat, dan sekaligus saya sudah menginstall video player yang cukup bagus untuk ubuntu yang saya gunakan, untuk menginstall vlc media player sangat mudah kamu bisa langsung mengunduhnya langsung di website vlc di http://www.videolan.org/ atau kamu juga bisa menginstallnya lewat terminal dengan perintah di bawah ini.

sudo apt-get update
sudo apt-get install vlc

Itulah beberapa cara yang pernah saya gunakan untuk menginstall codec pada ubuntu saya, semoag tulisan saya ini membantu sobat yang mampir di blog ini, jangan lupa untuk berkomentar ya..

Posting Komentar untuk "Cara Mudah Install Codec Multimedia Ubuntu "