Cara Membuat Bootable Flasdisk di Linux Ubuntu

Cara Membuat Bootable flasdisk di linux ubuntu xenial xerus 16.04- Penginstall Os pada laptop atau komputer memang bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satu di antaranya adalah menggunakan Usb Flasdisk, cara yang lainya adalah menggunakan Dvd yang mungkin sudah banyak teman-teman yang sudah mempraktekanya.

Bagi pengguna Ubuntu yang ingin membuat Bootable usb Flasdisk yang nanti di gunakan untuk menginstall os linux, windows atau yang lainya mungkin harus mengisntall aplikasi untuk membuat bootable, tidak seperti pada windows yang hanya menggunakan aplikasi portable, pada linux ubuntu kita harus menginstall aplikasi yang bernama winusb.

download winusb pada ubuntu

Winusb adalah aplikasi yang fungsinya membuat bootable flashdisk seperti Rufus kalau pada windows, cara pemakainya juuga cukup mudah untuk di praktekan, kita hanya harus mempersiapkan Flasdisk yang akan kita jadikan Bootable, sekanjutnya os iso atau dvd yang akan kita masukan pada flashdisk. proses selanjutnya hampir mirip sekali dengan rufus pada windows.

Jangan lupa untuk mengkososngkan Flasdisk terlebih dahulu dari data-data penting, karena nantinya flashdisk yang di gunakan untuk bootable akan di format total.


Cara Install Winusb Pada Linux Ubuntu 16.04 Xenial Xerus


Untuk Pengguna linux ubuntu dengan versi yang lebih lawas seperti 14.04 trusty taher mungkin tidak menemukan kesulitan saat pengintallan, hanya menggunakan perintah sudo apt-get install winusb sudah bisa langsung menginstall aplikasi, tetapi untuk teman-teman yang menginstall winsub pada linux 16.04 mungkin akan mengalami hal yang dengan yang saya alami sebelum artikel ini saya tulis. Berikut erornya.
Reading package lists... Done
Building dependency tree    
Reading state information... Done
E: Unable to locate package winusb
Eror di atas di sebabkan di karenakan belum tersedianya sumber PPA untuk ubuntu xinial xerus, untuk solusinya adalah dengan menambahkan sendiri sumber PPa dari orang lain.

Berikut ini Cara install Winusb pada linux ubuntu 16.04 xinal xerus.

  • Masuk terlebih dahulu ke terminal dengan menekan CTRL + ALT + T secara bersamaan.
  • setelah itu masukan perintah-perintahnya untuk meninstallnya di bawah ini satu persatu.

sudo add-apt-repository ppa:nilarimogard/webupd8
sudo apt update
sudo apt install winusb


  • silakan lakukan install aplikasi melalui terminal seperti biasanya. 
  • Jika berhasil tampilan aplikasi kurang lebih seperti di bawah ini.
cara membuat bootable flashdisk windows di linux
  • Perhatikan Nomer-nomer di gambar. pada nomer 1 adalah untuk memasukan file iso, pada nomer 2 untuk memasukan os dari dvd, dan yang nomer 3 jika file sudah di masukan silakan langsung saja klik install maka proses akan segera di mulai.
Penginstall os melalui Flasdisk di anggap lebih praktis karena tidak takut rusak filenya, atau tidak sempurnanya installan tidak di khawatirkan lagi, berbeda dengan yang menggunakan DVD atau VCD yang memungkinkan rusaknya cd menjadi tidak sempurnyanya penginstallan. 

Setelah proses pembuatan bootable selesai silakan langsung di coba untuk penginstallan.

Mungkin itu saja yang bisa saya bagikan, semoga bermangfaat, jangan lupa untuk berkomentar ya sob.

3 komentar untuk "Cara Membuat Bootable Flasdisk di Linux Ubuntu"

Comment Author Avatar
Makasih gan gua work

..sempet pusing cari artikel ... tapi yang ini working thanks gan
Comment Author Avatar
sama sama gan... senang bisa membantu

Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.