4 Perekam Layar Terbaik untuk Ubuntu Yang Dapat Anda Coba Gunakan

Linux adalah sistem operasi yang sangat bagus, dan juga digunakan oleh sejumlah besar orang, berkat distro seperti Ubuntu, dan komunitas besar yang siap bersedia membantu pendatang baru dalam memecahkan masalah mereka dalam menggunakan linux. Anda dapat menggunakan Ubuntu untuk penggunaan yang mudah di pahami, dan jika Anda perlu istirahat, ubuntu juga mendukung banyak game (baik native, dan menggunakan perangkat lunak pihak ketiga, seperti Wine), juga. Anda dapat melakukan banyak hal menarik di Ubuntu, dan Anda mungkin ingin menunjukkan beberapa hal yang lain.

Screen recorder adalah satu aplikasi yang cukup menyenangkan untuk di gunakan, karena banyak sekali teman-teman kita diindonesia yang kurang paham dalam menggunakan sistem oprasi linux ubuntu. dan dengan penggunaan aplikasi screen recorder atau perekam layar memungkinkan kita untuk merekam kegiatan kita pada perangkat ubuntu yang kita gunakan, seperti menyelesaikan permasalahan eror ubuntu, instalasi progam ubuntu, tips dan trik lainya yang mungkin akan jadi sangat berguna untuk teman-teman lainya jika melihat video yang kita bagikan.

Selain itu kita bisa menggunggah video dari screen recorder tersebut ke youtube dan bisa kita monitize yang mungkin saja kita bisa mendapatkan sedikit pundi-pundi rupiah walaupun tidak banyak, hal itu mungkin bermangfaat bagi teman-teman yang sedang belajar linux dan juga bisa menambah hasil juga.

Nah disini saya sudah mendaftar beberapa aplikasi perekam layar atau screen recoder yang bisa kamu coba pada ubuntu sobat.


Simple Screen Recorder


Simple Screen Recorder adalah salah satu aplikasi perekam layar terbaik yang bisa kamu gunakan,  Aplikasi ini mudah digunakan, dan akan memungkinkan Anda dengan cepat merekam desktop Ubuntu Anda. Jika Anda ingin merekam audio bersama dengan layar, aplikasi memiliki opsi untuk mengaktifkan itu juga. Anda dapat memilih dari sejumlah backends audio, termasuk PulseAudio, dan ALSA.

download aplikasi perekam layar pc

Untuk Pengaturan rekaman, Anda mendapatkan pilihan untuk merekam seluruh layar, memilih sebuah segmen dari layar, dan bahkan perekam layar yang mengikuti kursor di sekitarnya ketika Anda memindahkannya. Aplikasi ini juga menawarkan kemampuan untuk memilih frame rate di mana Anda ingin merekam video, bersama dengan opsi untuk scaling video, dan merekam kursornya. App juga menawarkan berbagai format yang dapat anda atur untuk hasil videonya. Anda dapat memilih dari format MKV, MP4, WebM dan lain-lain. Anda juga dapat mengubah codec video yang Anda ingin di gunakan pada aplikasi ini serta mengatur bitrate codec audio juga.

Untuk penginstallan aplikasinya bisa melalui terminal. caranya adalah masuk ke terminal dengan menekan tombol kombinasi CTRL + ALT + T. Selanjutnya masukan perintah di bawah ini satu persatu.

sudo add-apt-repository ppa:maarten-baert/simplescreenrecorder
sudo apt-get update
sudo apt-get install simplescreenrecorder

RecordMyDesktop

RecordMyDesktop adalah utilitas lain yang dapat Anda gunakan untuk merekam desktop Ubuntu Anda. Aplikasi ini sangat mudah digunakan, tetapi tidak menawarkan fitur-fitur canggih untuk orang-orang yang mungkin tertarik untuk mengutak-atik pengaturan tersebut. Dengan RecordMyDesktop, Anda dapat mulai merekam desktop Anda, dengan suara, tanpa harus khawatir tentang pengaturan.
download free screen recorder for ubuntu

Namun, app tidak memiliki tombol "advanced", yang akan membiarkan Anda mengkonfigurasi banyak pengaturan untuk perekaman layar. Anda dapat menyesuaikan frame rate untuk rekaman, mengubah tampilan sasaran (jika Anda memiliki lebih dari satu). Aplikasi ini juga memungkinkan pengguna untuk mengaktifkan / menonaktifkan "on-the-fly encoding", subsampling, dan banyak lagi. Aplikasi ini juga dapat mengikuti kursor pengguna saat merekam, jika setelanya diaktifkan.

Install Record My Desktop di Ubuntu

Buka Terminal (Ctrl + Alt + T), dan lakukan perintah di bawah ini:

sudo apt-get install gtk-recordmydesktop

Peek

Peek adalah perekam layar untuk Ubuntu, yang mengubah rekaman layar yang di ambil, menjadi file GIF. Aplikasi ini tidak memiliki opsi konfigurasi lanjutan. Namun, Anda dapat menyesuaikan frame rate dari GIF rekaman dengan membuka preferensi aplikasi. Anda juga dapat mengatur delay aplikasi untuk mulai merekam, setelah tombol rekam diklik.

aplikasi perekam layar ubuntu

Selain itu, aplikasi tidak menawarkan opsi konfigurasi tambahan, tapi ini adalah cara mudah untuk membuat rekaman GIF dari desktop Ubuntu Anda, dan saya akan merekomendasikan Anda untuk mencobanya jika Anda ingin membuat GIF dari layar Anda.

Install peek pada Ubuntu
  • Download file .deb dari Peek, dan buka menggunakan Software Centre.
  • Click “Install”, dan aplikasi akan terinstall pada Ubuntu system anda.

Vokoscreen


Vokoscreen adalah satu lagi perangkat lunak perekaman layar untuk Ubuntu yang dapat Anda gunakan. Aplikasi ini mudah digunakan, dan pengaturan default cukup mudah untuk digunakan secara langsung. Jika Anda ingin lebih mengontrol pengaturan untuk rekaman Anda, Anda dapat beralih di antara berbagai tab dalam aplikasi, dan mengkonfigurasi pengaturan untuk video, audio, serta mengaktifkan / menonaktifkan webcam, jika Anda memilikinya.

aplikasi perekam layar pc ringan
Dengan Vokoscreen, Anda dapat mengkonfigurasi pengaturan seperti frame rate untuk rekaman, bersamaan dengan memilih codec video, dan format file output. Aplikasi ini menggunakan MKV sebagai standar, tetapi Anda dapat memilih untuk AVI. Vokoscreen juga memungkinkan Anda memilih codec audio antara libmp3lame, dan libvorbis, sehingga Anda dapat memilih mana yang Anda inginkan.

Install Vokoscreen pada Ubuntu
  • Buka terminal dengan menekan tombol CTRL +ALT+T 
  • setelah itu masukan perintah di bawah ini.
sudo apt-get install vokoscreen

Itulah beberapa aplikasi perekam layar atau screen recording yang bisa kamu coba pada ubuntu anda, jadikan share anda bermangfaat bagi saudara-saudara kita, mungkin anda juga mempunyai aplikasi tersendiri yang mungkin lebih bagus dari yang saya tuliskan di atas, untuk itu silahkan berkomentar untuk menambah wawasan pembaca.

Posting Komentar untuk "4 Perekam Layar Terbaik untuk Ubuntu Yang Dapat Anda Coba Gunakan"