Cara Install inkscape pada ubuntu 16.04 xenial xerus melalui terminal

Cara Install inkscape pada ubuntu 16.04 lewat terminal

Inkscape adalah sebuah aplikasi berbasis vektor yang bisa di gunakan pada linux, sebenarnya aplikasi inkscape bisa di gunakan pada banyak sistem seperti windows, mac os dan beberapa sistem operasi lainya.

Aplikasi Inkscape banyak di ibaratkan sebagai pengganti corel pada linux, karena corel tidak bisa di gunakan pada linux maka aplikasi ini yang menjadi solusinya, selain itu aplikasi ini juga cukup lumayan untuk di coba.

Banyak desainer profesional yang menggunakan aplikasi inkcape, mulai dari desiner logo, ilustrasi, ikon, logo, diagram, peta dan web grafis. fitur-fitur inkscape juga tidak kalah dengan aplikasi vektor lainya yang mungkin sudah terkenal di Indonesia, namun apliaksi ini tetaplah banyak yang menggunakanya karena aplikasi ini gratis, dan tentu saja open source.

Banyak komunitas-komunitas inkscape yang siap membantu anda untuk mempelajari inkscape, mulai dari komunitas jejaring sosial dan komunitas komunitas aplikasi perpesanan juga sudah banyak.

Di karenakan aplikasi ini gratis kita tidak perlu membelinya bukan? dan otomatis kita tidak menggunakan software bajakan, ya lumayanlah untuk mengurangi pengguna software bajakan di Indonesia, saya sendiri juga baru belajar untuk meminimalisir menggunakan perangkat lunak bajakan, karena kalau di pikir-pikir menggunakan software halal itu insyaallah berkah. hehe

lalu milik siapakah aplikasi inkscape ini?

Karena bersifat open sorche aplikasi ini bukanlah milik seorang pribadhi, tetapi lebih ke milik banyak orang termasuk kita sendiri bisa menggunakanya dengan gratis. aplikasi inkscape di buat oleh komunitas yang ada di Inkscape's Contributors" dan "The Inkscape Project"  kalau misalkan anda mempunyai bakat untuk memperbaiki aplikasi inskape supaya lebih mantap lagi anda bisa bergabung di komunitas tersebut.

Untuk lebih jelasnya anda bisa mengunjungi situs resmi Inkscape disini, anda juga bisa mengunduh aplikasinya disana, untuk berbagai sistem operasi termasuk windows dan mac.

Cara Install inkscape pada ubuntu 16.04 xenial xerus

Di karenakan kali ini saya akan memberikan tutorial cara intall inkscape melalui terminal di ubuntu xenial xerus jadi langsung saja ke isi dari artikel ini.

Langkah yang pertama kamu buka terminal terlebih dahulu dengan menekan tombol CTRL + ALT + T pada keyboard sobat.

Setelah itu masukan perintahnya di bawah ini.
sudo apt-get update
sudo apt-get install inkscape 
masukan perintahnya satu persatu, nanti anda harus memasukan password ubuntu sobat.

oh iya untuk menginstall aplikasi lewat terminal yang satu ini anda harus menggunakan koneksi internet yang stabil, aplikasi ini ukuranya berkisar 70mb jadi siapkan kuota yang cukup.

Mungkin itu saja catatan dari saya, semoga bermangfaat.. 

Posting Komentar untuk "Cara Install inkscape pada ubuntu 16.04 xenial xerus melalui terminal"