cara membersihkan laptop dari debu dan kotoran

Sebuah laptop yang bersih dan nyaman di gunakan tentu saja akan mendukung pekerjaan kita juga, membuat mood lebih baik dan tentu saja sebuah ide yang muncul pada pikiran kita lebih mudah mengalir dan di praktekan. berbeda dengan laptop yang kotor dan kurang perawatan, tentu saja hanya akan membuat pikiran kita gampang emosi dan menjadi kurang konsentrasi, hanya melihat laptop saja sudah malas untuk mendekatinya.  mungkin saja seperti itu hehehe.

tips membersihkan laptop dari debuDi sini saya akan membagikan sebuah tips menjaga kebersihan laptop yang sangat mudah dan tidak perlu trik khusus, cara membersihkan laptop yang bagus tidaklah sesulit yang anda bayangkan kok, memang benar sebuah laptop adalah sebuah alat elektroik yang sangat rentan rusak, tetapi jika dengan cara yang benar dan tentu saja mudah,anda tidak perlu takut untuk melakukanya karena hal ini sangat di anjurkan untuk di lakukan.

Tidak usah berlama-lama, cara membersihkan laptop yang benar dan mudah yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut.

Kebersihan Laptop yang paling menonjol dan bisa kita lihat adalah kebersihan LCD , dari kebersihan lcd ini tentu saja sudah bisa di perkirakan bagaimana pemilik laptop tersebut melakukan perawatan. kalau saja LCD laptop itu sangat kotor tentu saja laptop tersebut jarang di bersihkan dan di pakai ala kadarnya saja. tetapi jika lcd itu bersih kemungkinan besar untuk komponen lain pastilah sering di bersihkan. kebersihan lcd pada laptop tidak terlalu berpengaruh merusak laptop. kemungkinan hanya tampilanya saja yang kurang jernih.  selanjutnya bagaiamana cara membersihkan layar laptop dari debu?

Begini caranya.
Membersihkan Lcd laptop atau netbook ataupun lcd monitor sebuah komputer caranya sangat mudah. yaitu hanya menggunakan lcd cleaner. Lcd cleaner ini bisa anda beli di toko-toko komputer di kota anda dengan mudah. harganya juga murah, skitar 7 ribu rupiah samapai 10.000 rupiah. langkah yang harus di lakukan adalah menyemprotkan cairan tersebut ke lcd yang akan di bersihkan. dan di usap dengan kain. biasanya dalam paket cleaner lcd yang anda beli sudah di sertai dengan kain kecil untuk mengusapnya. atau bila anda kawatir air yang di semprot masuk ke celah-celah lcd, anda bisa melakukan dengan menyemprotkan cairan lcd cleaner di kain itu baru setelah itu di usapkan ke lcd yang akan di bersihkan. bagaimana mudah bukan.  ingat lakukan cara ini dengan keadaan laptop mati. agar terhindar dari kecelakaan karena kesalahan sendiri.

Lcd cleaner yang anda beli juga bisa di gunakan untuk membersihkan bagian laptop lainya seperti body pada laptop bagian atas. dan tengah. dan hasilnya juga cukup bersih. tetapi jangan langsung di semprotkan ke dalam body laptop, takutnya air yang di semprotkan bisa masuk ke dalam selah-selah keyboard dan menjadaikan keyboard eror.

Cara Membersihkan keyboard Laptop.

membersihkan keyboard laptop dari debu hanya menggunakan alat berupa kuas. anda cukup bersihkan sela-sela pada keyboard denga kuas dan beri dengan sedikit hembusan nafas keras agar debu yang mengotori celah-celah keyboard bisa hilang(bisa juga menggunakan facum cleaner untuk menyedot debunya), membersihkan keyboard ini menurut saya sangatlah penting, karena dengan cara ini sebuah keyboard laptop bisa menjadi awet. karena permasalahan keyboard yang paling utama biasanya dari debu, atau kotoran kecil lainya, dan yang lainya seperti jarang di pakai sehingga membuat jalur pada keyboard menjadi lembab dan tersumbat oleh jamur dan berakhir dengan tombol tidak bisa di pencet atau mencet sendiri. dan lain sebagainya.

Cara membersihkan kipas laptop dari debu.

cara membersihkan kipas laptop dari debu sangat saya rekomendasikan, tidak banyak yang tahu kalau ventilasi kipas laptop ini sangatlah penting bagi kesehatan dan performa laptop. kok bisa sangat penting?
Bagaimana tidak penting, dalam sebuah laptop yang bekerja tentu saja akan menjadi panas, maka panas itu akan di keluarkan oleh kipas yang ada di dalam laptop, dan di buang lewat fentilasi. nah fentilasi ini yang saya sebutkan sangat penting untuk di bersihkan. jika tidak di bersihkan kemungkinan yang akan terjadi adalah panas yang ada pada laptop yang seharusnya di keluarkan malah akan masuk kembali dan mesin laptop(mainboard) akan menjadi panas dan cepat rusak. tahu sendiri kalau harga mainboard laptop sangat mahal dan barangya belum tentu ada.
Oleh karena itu mulai sekarang untuk anda yang telah membaca artikel ini biasakan untuk selalu memeriksa fentilasi kipas laptop yang anda pakai secara teratur, apakah angin keluar dengan lancar, atau yang keluar sangat sedikit. bila sekirangya angin tidak lancar dan laptop cepat panas, sebaiknya cepat-cepat di bawa ke tampat servis laptop terdekat untuk di periksa dan di beri perawatan.

Cara membersihkan fentilasi ini sangat mudah, cukup menggunakan kuas dan bersihkan sela-sela fentilasi keluarnya angin yang biasanya berada pada posisi samping, dan fentilasi angin masuk posisinya berada di bagian bawah laptop. bersihkan dengan kuas itu hingga sekiranya angin keluar masuk dengan lancar.

Tips Tambahan.

cara membersihkan laptop warna putih.

Untuk teman-teman yang memiliki laptop yang berwarna putih, caranya hampir sama dengan cara di atas yaitu tetap mengunakan cleaner kit, jika di rasa sudah cukup bersih dan tidak ada kotoran yang membandel, berarti sudah selessai, tetapi jika masih ada kotoran yang membandel dan sulit di hilangkan dengan cleaner kit, contoh saja seperti bekas sticker atau bekas solasi, teman-teman bisa menggunakan minyak kayu putih untuk membersihkanya, caranya tuangkan beberapa tetes minyak kayu putuh ke kain yang di gunakan untuk membersihkan laptop. dan usapkan dengan perlahan, gosok bolak-balik hingga sekiranya noda bekas sticker hilang, menggunakan minyak kayu putih ini akan membuat laptop sedikit bau minyak tapi tidak apa-apa. nantinya juga akan hilang dengan sendirinya.

Itulah tips dari saya tentang bagaimana cara membersihkan sebuah laptop yang benar dan sekaligus perawatan minimal pada sebuah laptop. semoga bermangfaat.

Posting Komentar untuk "cara membersihkan laptop dari debu dan kotoran"