Linux Zorin OS, Solusi untuk kamu yang ingin Migrasi dari windows ke linux

download linux ubuntu terbaru

Assalamualaikum...

Setelah sekian Lama tidak update artikel karena memang lagi males saja saya setiap kali menghadap laptop dan ingin megetik sesuatu yang terlintas hanya jejaring sosial dan hiburan seperti youtube dan lainya, selang beberapa hari ada berita dari kominfo bahwa ada virus yang menyerang sistem operasi windows dimana virus tersebut menyerang file-file penting, virus tersebut meng-enkripsi seluruh file yang ada di komputer dengan menggunakan kelemahan yang ada pada layanan SMB.

Ketika semua file sudah terlanjur terkena virus ini maka tamatlah sudah data yang ada pada komputer anda.

Jika teman-teman ingin melihat lebih lengkap beritanya dari Kominfo silakan buka di link di bawah ini.

Himbauan Agar Segera Melakukan Tindakan Pencegahan Terhadap Ancaman Malware Khususnya Ransomware Jenis WannaCRY

Dari beberapa kesimpulan dan solusi yang ada di berbagai forum facebook, ada yang menyarankan untuk menggunakan Linux, untuk pengguna windows di Indonesia kebanyakan masih awam dengan hal-hal yang ada pada linux, di karenakan proses instalasi aplikasi yang cukup sulit di mengerti oleh pengguna awam.

Tetapi hal tersebut mungkin di karenakan teman-teman takut menghadapi eror yang nantinya  tidak bisa mereka atasi, atau mungkin karena pengoprasianya yang cukup sulit untuk di mengerti.

Menggunakan linux sebenarnya tidaklah terlalu sulit, teman-teman hanya perlu terbiasa dengan tampilan dan beberapa aplikasinya saja, untuk hal lainya anda pasti akan mudah untuk mengerti.

Linux banyak sekali varianya, mulai dari yang level mudah sampai level expert tersedia dan gratis, nama varian di dalam linux di sebut Distro, nah banyak sekali distro-distro linux bertebaran di internet, karena distro memang kreasi banyak orang, seperti ubuntu, linux mint , linux zorin os, seprti yang akan saya jelaskan di artikel ini dan masih banyak lagi distro lainya.

oh iya jika anda sudah mahir menggunakan linux mungkin anda juga bisa membuat distro sendiri... dan memiliki distro sendiri itu membanggakan tentunya, apalagi jika sampai di pakai banyak orang bisa makin wah deeehhh..

Ada juga distro yang berasal dari Indonesia, namanya Blankon os, untuk melihatnya silakan kinjungi di link di bawah ini.

https://www.blankonlinux.or.id/

Untuk review dari blankon os saya masih belum pernah menggunakanya, mungkin lain hari saya akan mencobanya, untuk sekedar baca-baca atau ingin mengunduh blankon os saya sertakan link di atas jika sobat tertarik.

Di sini saya akan menjelasakan tentang zorin os yang saya persembahkan untuk teman-teman sebagai referensi yang ingin migrasi ke linux, dan juga saya sertakan sedikit tips saat menginstallnya.

Karena saya juga pengguna baru sistem oprasi linux, mungkin saya tidak bisa menjawab seluruh pertanyaan yang ada nantinya, di akhir artikel akan saya sertakan beberapa referensi group linux yang mungkin bisa menjadi sumber solusi anda saat dalam kesulitan menggunakan linux.

Oke kita masuk ke linux zorin os.

Zorin os adalah salah satu sistem oprasi linux turunan dari linux ubuntu, mungkin untuk linux ubuntu teman-teman langsung mengerti bukan, karena ubuntu adalah distro yang mungkin paling terkenal di dunia, nah zorin os ini mungkin akan lebih memeprmudah bagi teman-teman yang pertama kali migrasi dari windows ke linux di karenakan tampilanya di buat cukup mirip dengan tampilan windows 7.

Selain itu zorin os juga sudah terinclude beberapa aplikasi penting yang sering di gunakan saat menggunakan windows, seperti office, multimedia, edit foto (gimp), dan beberapa aplikasi lainya.

Zorin os sudah terinstall apliaksi firewall untuk keamanan komputer anda tentunya agar tidak mudah terserang oleh hacker ataupun virus dari luar. untuk ubuntu biasanya kita harus menginstallnya sendiri, tetapi di zorin os ini kita hanya perlu mengaktifkanya saja.

Hal yang paling mudah untuk di jumpai pada zorin os ini adalah tampilanya, karena tampilanya di buat seperti tampilan windows sehingga untuk pengguna linux yang baru migrasi tidak terlalu sulit untuk menggunakanya, di antara tampilan terebut adalah tombol menu yang ada di bagian kiri bawah seperti menu start pada windows, al program dan lainya sama persis, ikon notifikasi yang ada di sebelah kanan bawah seperti wifi, baterai dan lainya juga ada.

Zorin os menurut saya adalah salah satu distro linux yang cukup mudah untuk di gunakan, serta ringan untuk spesifikasi komputer yang tidak terlalu tinggi, saat itu saya menggunakan laptop dengan prosesor dualcore dengan ram 2 gb menggunakan zorin os 32bit dan hasilnya cukup lumayan, ramnya rata-rata di gunakan hanya sampai 75% saat membuka aplikasi yang cukup banyak secara bersamaan.

Untuk tampilan dan pengaturan lainya lebih umum seperti ubuntu. anda mungkin akan sedikit menemui hal-hal baru juka anda baru saja migrasi dari windows, tapi cukup menyenangkan kok menggunakan linux.

kelebihan linux lainya mungkin sudah umum di bahas ya, yaitu lebih aman dari virus, karena untuk mengginstall aplikasi di linux tidak serba otomatis seperti di windows ataupun mac.

Untuk driver printer di linux ubuntu atau zorin os ini cukup mudah, anda tidak memerlukan driver lagi karena drivernya sudah tersedia, tetapi anda hanya perlu untuk menconfiguraikasnya saja.

** catatan : jika kamu seorang gamer mungkin kurang di sarankan untuk mengunakan linux.

 untuk mendownload linux zorin os bisa kamu buka situsnya di bawah ini.

https://zorinos.com/
Setelah file isonya terdownload silakan burning ke dalam dvd atau bisa juga menggunakan usb, untuk instalasi linuxnya melalui usb atau dvd anda bisa browsing di goongle atau bisa juga cari di youtube banyak sekali.

Jika anda pernah melakukan instalasi linux ubuntu anda tidak usah kawatir, karena proses penginstalasinya sama persis.

***Tips****
Jika anda baru pertama kali melakukan instalasi linux sebaginya anda melakukan backup data pernting terlebih dahulu ke laptop lain atau bisa juga ke dalam hardisk external, di karenakan mungkin nanti saat melakukan partisi anda melakukan kesalahan.

Dan saat melakukan instalasi linux, sebaiknya anda menggunakan internet, karena itu lebih mudah saat penginstalan plugin mp3 dan plugin multimedia lainya, pengalaman dari saya yaitu selalu kesulitan menginstall plugin saat saya sudah selesai meninstall linux, tetapi pada saat melakukan install saya langsung meninstall otomatis dengan menghubungkan ke internet. selain itu anda juga sudah mendapatkan udate yang terbaru.

Penting

Untuk teman-teman pengguna linux ubuntu atau pengguna linux yang ingin bertanya pada master-master linux silakan iktu forum ubuntu indonesia disini

mungkin itu saja yang bisa saya bagikan semoga bermangfaat.. jangan lupa untuk berkomentar ya...

4 komentar untuk "Linux Zorin OS, Solusi untuk kamu yang ingin Migrasi dari windows ke linux"

Comment Author Avatar
Mau tanya, sebagai pemula baikx sy instal linux mint atau zorin?
Terus aplikasi wine apa gunanya?
Comment Author Avatar
sama-sama enak mas,,, pakek mint ataupun zorin... tampilanya bisa seperti windows semua...

wine itu gunanya untuk menjalankan aplikasi windows di linux...

mantep aja mas,,,
Comment Author Avatar
Kenapa ya jamnya di Linux tidak tersinkron dengan yang ada di bios & windows? sudah ganti regional (daerah) tetap saja tidak bisa!

Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.