Hal-Hal Penting yang Harus kamu lakukan setelah install Ubuntu 16.04/16.10/17.04 Zesty

Untuk teman-teman yang baru memakai sistem operasi linux ubuntu, tentu saja akan mengalami yang namanya bingung harus di apakan dan menginstall apa saja jika sudah berhasil menyelesaikan proses instalasi osnya pada laptop kita.

Beberapa os ubuntu yang terbaru yang banyak di pakai dan mungkin juga masih ramai di bahas tentang trik-trik optimasi dan hal-hal yang semacamnya, adalah ubuntu 16 dan ubuntu 17. baik itu yang point 16.04 atau 16.10 atau 17.04 semunaya sama-sama banyak yang memakai.

Tetapi tahukah teman-teman hal-hal penting yang harus sobat lakukan setelah menginstall ubuntu dengan versi di atas, ternyata banyak sekali trik yang bisa anda coba untuk mengoptimasi ubuntu pada laptop sobat, tentunya agar ubuntunya semakin user friendly dan nyaman di pakai.
 install Ubuntu 16.04/16.10/17.04

Pada ubuntu yang terbaru ini terdapat fitur-fitur yang tidak di dapatkan pada ubuntu-ubuntu sebelumnya, hal inilah yang membuat saya sendiri penasaran untuk mencoba dan iseng-iseng untuk mengotak atik agar ubuntu saya menjadi lebih asik dan nyaman untuk saya.

Beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk optimasi ubuntu sobat bisa di lihat di bawah ini.

Memindahkan menu dash di posisi bawah.

Salah satu fitur pada ubuntu 16.04 dan di atasnya adalah bisa di pindahnya menu dash ini, jadi kalau saja kita bosan dengan posisi menu pada ubuntu yang biasanya letaknya berada di samping, untuk sekarnag ini kita bisa memindahkanya pada posisi bawah, untuk melakukanya sobat bisa masukan perintah di bawah ini pada terminal.
 install Ubuntu 16.04/16.10/17.04

- Memindahkan louncher dash pada posisi bawah
gsettings set com.canonical.Unity.Launcher launcher-position Bottom

- Untuk mengembalikan ke tempat semula anda bisa memasukan perintahnya di bawah ini.
gsettings set com.canonical.Unity.Launcher launcher-position Left

Install Unity Tweak Tool

Unity tweak toll adalah salah app yang biasa di gunakan untuk merubah tampilan pada ubuntu yang menggunakan shell unity, bisa di bilang untuk merubah tema, icon-icon, loucher, tampilan loading, dan beberpa hal lainya yang berhubungan dengan tampilan ubuntu sobat.

Untuk menginstall Unity tweak tool anda bisa memasukan perintah pada terminal di bawah ini.
sudo apt-get install unity-tweak-tool 


Install Drivers via Additional Driver ( driver tambahan)

Jika Anda ingin mendapatkan pengalaman yang lebih baik dari Ubuntu maka selalu instal driver yang direkomendasikan. Anda bisa memilih driver terbaik yang tersedia untuk perangkat keras Anda melalui "Driver Tambahan" dan bisa diinstall / uninstall dengan mudah.
Buka  Menu Dash dan Cari "Software & Updates" atau "Additional Drivers" buka dan navigasikan ke Additional Drivers "Tab".

Enable sekali klik untuk melakukan minimiz.

Pada ubuntu default fitur minimiz pada sekali klik tidak bisa kita lakukan, untuk itu kita harus mengaktifkanya sendiri, agar semakin menambah kenyamanan pemakaian os ubuntu kita.

Maukan perintahnya ke terminal di bawah ini.
gsettings set org.compiz.unityshell:/org/compiz/profiles/unity/plugins/unityshell/ launcher-minimize-window true

Enable recursive search for Nautilus

Fungsi yang satu ini adalah saat kita melakukan pencarian di nautilus (explore file) saat kita mengetikan nama yang di cari maka file yang lain tidak terlihat.. fungsi ini cukup bagus untuk di aktifkan. 

berikut perintah terminalnya.
gsettings set org.gnome.nautilus.preferences enable-interactive-search false

Install Gimp Image editor 

GiMp adalah apliaksi yang biasa di lakuka untuk memanipulasi gamba atau mengdit foto, tentu teman-teman tahu dengan yang namanya aplikasi adope photoshop? nah gimp ini adalah alternaatif lain dari aplikasi adope photoshop, pada aplikasi ini gratis tidak seperti adope photshop yang harus bayar terlebih dahulu, selain anda bisa menginstallnya di linux anda juga bisa menginstallnya di windows juga.

 Beikut ini Printah untuk mengsintall Gimp lewat tterminal.
sudo apt-get install gimp gimp-data gimp-plugin-registry gimp-data-extras

Install  firewall pada ubuntu

Linux tidak memerlukan Anti-virus tapi Firewall penting untuk segala jenis Sistem Operasi. UFW terinstal secara default di Ubuntu tapi hanya terlihat di command line dan dinonaktifkan secara default. Anda dapat menginstal firewall terbaik GUFW mengaktifkan dan mengelolanya dengan  berupa tampilan seperti biasanya.

Berikut ini perintah terminalnya.
sudo apt-get install gufw
Setelah berhasil diinstall, silakan buka menus dash dan ketikan gufw dan aktifkan firewallnya.

Install Junk Cleaner (Bleachbit)

Bleachbit adalah aplikasi yang berfungsi untuk membersihkan sampah-sampah software yang ada pada sistem ubuntu kita, baik itu browser, dan histori aplikasi-aplikasi lain, jika pada android atau windows kita bisa menjumpai yang namanya Ccleaner, Clean master, nah di ubuntu ini kita menggunakan aplikasi Junk Cleaner Bleachbit.

Berikut ini perintah untuk menginstallnya leawt terminal.
sudo apt-get install bleachbit

Install Adope Flash Plugin

Adope flash Plugin adalah yang berfungsi untuk menjalankan file-file flash. 
silakan masukan perintahnya di bawah ini.
sudo apt-get install flashplugin-installer

 Install Java Support

icedtea is a web browser plugin based on OpenJDK and IcedTea to execute Java applets.

Terminal Command:
sudo apt-get install icedtea-8-plugin openjdk-8-jre

Install Plugin Restricted Extras

Plugin Restricted extras adalah plugin yang berfungsi untuk memutar file audio maupun video, plugin ini berisi file codec yang di butuhkan untuk memutar file-file multimedia, plugin yang satu ini wajib terpasang pada ubuntu kita.

Berikut perintah untuk menginstallnya.
sudo apt-get install ubuntu-restricted-extras

Codecs and Enable DVD Playback

Jika Anda pengguna multimedia dan menggunakan Ubuntu untuk multimedia maka codec ini sangat berguna untuk Anda. Anda bisa menginstalnya dengan perintah tunggal.

sudo apt-get install ffmpeg gxine libdvdread4 icedax tagtool libdvd-pkg easytag id3tool lame libxine2-ffmpeg nautilus-script-audio-convert libmad0 mpg321 libavcodec-extra gstreamer1.0-libav

Compression/Decompression tools

Anda bisa kompres dan dekompresi 7z, zip, gzip, rar, xz, tar, bz2, xar, tar.gz, tar.bz, dan masih banyak lagi.
 
Masukkan perintah berikut di terminal untuk menginstal:
sudo apt-get install p7zip-rar p7zip-full unace unrar zip unzip sharutils rar uudeview mpack arj cabextract file-roller

Integrasikan akun online di Ubuntu

Untuk langkah yang satu ini anda bisa melakukanya ataupun tidak, tapi banyak yang menyarankan juga, anda bisa menintegrasikan akun sosial anda pada ubuntu, seperti facebook, google, dan beberapa lainya.

Itulah beberapa Hal yang bisa sampaikan untuk teman-teman yang baru saja migrasi ke ubuntu, hal ini sangat perlu untuk di lakukan,  karena dengan melakukan beberapa optimasi di atas, ubuntu kita menjadi sangat nyaman untuk di gunakan.

Cukup sekian dan terima kasih.

4 komentar untuk "Hal-Hal Penting yang Harus kamu lakukan setelah install Ubuntu 16.04/16.10/17.04 Zesty"

Comment Author Avatar
banyak amat ya gan... :D


elsos
Comment Author Avatar
Iya gan.. tapi asik kok... Kayak di windows juga harus install driver dan app juga kan..

Berkomentarlah dengan Baik dan sopan, Jadikan diskusi yang baik, Terimakasih atas partisipasinya.