Tutorial : Cara Membuat Tulisan Arab Di Microsoft Word -Langkah Demi Langkah.

Cara menulis arab di word di microsoft word  sebenarnya tidak bisa di lakukan jika kita belum menambahkan keyboard language atau bahasa pada keyboard yang akan di pakai di laptop anda.

nah sebelum kita tahu cara menulis bahasa arab, sebaiknya kita tambahkan dahul bahasa arab pada windows yang akan di pakai untuk mengetik tulisan arab tersebut.

Contoh tulisan arab yang mungkin banyak di antara teman-teman menulisanya adalah kalimat bismillahirohmanirrohiim, nah untuk itu mari ikuti langkah demi langkah untuk menambahkan bahasa arab pada windows. untuk jenis windowsnya munkin antara windows 7,8 dan 10 hampir mirip-mirip ya. tetapi untuk kali ini saya akan  membuat screenshootnya atau gambar ilustrasinya menggunakan windows 7.

Sebenarnya membuat tulisan arab di microsoft word bukan hanya membuat tulisanya saja, tetapi merubah keyboarnya menjadi standar penggunaan arab, dan anda bisa merubah sesuai kebutuhan saat ingin menggunakan atau menulis arab atau huruf abjad seperti biasa yang kita gunakan ini.

Cara mengganti keyboard arab ini otomatis akan mengubah tombol-tombol keyboard menjadi bahasa arab dan untuk mengubahnya hanya dengan mengklik gambar seperti yang ada di bawah ini, dan tinggal pilih bahasa yang ingin anda gunakan.



Cara mengubah keyboard ke bahasa arab pada windows.



  • Langkah yang pertama adalah masuk control panel. pada (Clock, language and region) klik change keyboard or other imput.
  • selnjutnya akan muncul window baru, langsung saja klik change keyboard.
  • muncul window baru lagi, klik add untuk menambahkan bahasa arabnya.
  • akan ada beberapa pilihan bahasa arab yang muncul. langsung saja pilih yang arab saudi arabia seperti gambar di bawah ini.
    cara menulis arab di word 2010
  • setelah itu klik OK lalu klik APLLY lalu klik OK
Cara menggunakan keyboard bahasa Arab di windows.

Sampai langkah ini anda sudah berhasil menambahkan bahasa arab pada sistem keyboard anda. 
selanjutnya untuk penggunaanya cukup mudah. ada dua pilihan untuk menggunakan keyboard bahasa arab yaitu :
  • Dengan kombinasi keyboard yaitu dengan menekan ALT dan SHIFT secara bersamaan. atau bisa menggunakan fungsi yang ke dua.
  • Cara yang ke dua yaitu anda bisa melihat gambar beriku ini.
    cara menulis arab di word 2013  Pada gambar ini anda bisa mencarinya di samping bawah pada laptop anda. (sebagai contoh menggunakan windows 7) anda tinggal klik saja tulisan IN dan klik AR untuk menggantinya dan menulis dengan bahasa arab.
  • selesai.

Itulah teman-teman cara menulis bahasa arab pada windows yang bisa saya bagikan, dengan cara ini anda bisa membuat tulisan arab pada microsof word 2007, 2010, 2013 maupun sampai yang terbaru, bahkan di gunakan di status facebook atau semacanya juga bisa.

oh iya anda juga bisa menulis bahasa arab di android, caranya mudah. silahkan lihat tutorialnya di video berikut ini.


Semoga bermangfaat.

Posting Komentar untuk "Tutorial : Cara Membuat Tulisan Arab Di Microsoft Word -Langkah Demi Langkah."