Cara Backup Driver Windows 10 Dengan Cmd dan Menginstall Kembali

Proses install ulang adalah proses melakukan reset pada os windows di karenakan berbagai hal, hal ini di lakukan supaya os tersebut berjalan lancar kembali, kenapa harus melakukan install ulang? jawabanya adalah adanya masalah pada windows tersebut dan tidak bisa di perbaiki lagi dengan cara optimasi biasa, dan jalan terahir yang harus di pilih adalah melakukan install  ulang.


melakukan install ulang biasanya dapat mengakibatkan berbagai hal, seperti penghapusan data yang ada di drive C atau dimana  os tersebut di tempatkan, data yang di maksud disini termasuk software atau aplikasi yng sudah terinstall pada windows tersebut, termasuk yg paling sering membuat kita pusing kalau jaman dulu adalah Driver hardware. 


Driver hardware adalah sebuah software yang menyertai sebuah perangkat keras pada sebuah komputer atau sebuah laptop agar hardware tersebut berjalan lancar saat di gunakan. 


Pada saat melakukan Install ulang software driver ini akan ikut terhapus jadi setelah melakukan install ulang kita harus menginstallnya kembali.


nah pada artikel ini saya akan menulis catatan melakukan backup atau recovery driver  pada sebuah windows supaya kita tidak pusing untuk mecari software driver kembali. 


Apakah penting melakukan backup driver?


Jawabanya bisa penting bisa tidak, di karenakan setiap laptop memiliki hardware yang berbeda bisa susah pencarian drivernya bisa juga mudah mencarinya melalui internet. 


Nah beberapa kasus driver ada yang sudah tidak ada lagi di internet. dan solusi terbaik adalah melakukan backup driver.


Bagaimana cara melakukan backup driver pada windows? 

Melakukan becak driver pada windows baik itu 10, 8 atau 7 hampir sama saja, perbedaanya mungkin hanya pada tampilanya saja. langsung saja berikut ini tutorialnya.

  1. Yang pertama harus di lakukan adalah membuat folder tujuan dimana hasil  driver  backup di lakukan.

     

  2. perlu kalian ingat folder tersebut harus mudah diiingat karena kita akan menulisnya lagi saat melakuakn pengetikan di jendela CMD.


  3. kalau sudah kita masuk cmd, cara klik menu start, cari cmd dengan mengetikan cmd pada pencarian di start menu, klik kanan lalu RUN as administrator lalu klik YES.
  4. Setelah masuk ke Cmd masukan kode seperti berikut 
    DISM /online /export-driver /destination:D:\backup driver

     pada Backup driver di atas adalah folder dimana tujuan letak driver di backup , misalkan anda membuat folder backup di driver D, E, atau Drive C dan nama foldernya harus sama ya. sudah saya beri tanda tebal di sana silahkan tinggal ganti saja. 

  5. setelah di chek semua langsung saja tekan ENTER pada keybord. maka proses backup akan segera terproses.

  6. Berikut hasil backup drivernya berupa beberapa folder dengan nama yang random. jika tampilan seperti di bawah ini berarti driver berhasil di backup.

Pada folder backup driver ini kamu bisa mencopy pada driver lain, contoh kasusnya adalah ketika kamu mau install laptop kamu dan di format semua partisi hardisk atau ssdnya, maka otomatis driver harus di copy di drive luar dan aat pengintallan tinggal cari drivernya di drive tersebut(flashdisk misalnya)

Oh iya catatan tambahan driver backup tadi bentuknya bukan exe extensinya tetapi berbentuk .INF yang berarti installnya tidak seperti biasa kalau temen temen download di internet.

Cara Restore Driver Di Windows 10 Dari hasil Backup.

Cara melakukan Restore atau install driver di hasil backup ini cukup mudah, kalau temen temen dulu pernah meninstall di windows xp, tentunya temen temen sudah terbiasa dengan cara ini.

Setelah melakukan install ulang tampilan pasti berbeda degan sebelum diinstall biasanya icon icon pada windows tersebut agak besar besar dan kecerahan juga kurang enak di mata. itu di sebabkan driver pada komputer tersebut belum diinstall. nah dari hasi driver backup tadi bisa kita gunakan untuk install kembali driver driver yang di butuhkan.

Okelah langsung saja tidak usah berlama lama langsung saja berikut ini tutoral restore driver  pada windows 10.

  • Pertama masuk ke Device Manager caranya Klik kanan menu start, lalu klik device manager. 
  • Biasanya pada device manager ada driver yang belum terinstall dengan tampilan icon tanda tanya pada driver tersebut. kecuali pada driver Vga biasanya hanya ada tuisan GENERAL DISPLAY DRIVER.
  • langsung saja klik kanan pada driver yang perlu diinstall. selanjutnya klik update driver lalu pilih browse my computer for driver  nah disini kita harus mencari letak dari hasil driver backup yang telah kita lakukan di awal tadi.


  • setelah ketemu klik OK. lalu klik next. sampai finish.


  • Ulangi langkah 3 tadi sampai driver yang ada tanda tanya (?) sudah hilang semua. yang berarti pengisntallan atau restore driver sudah selesai.
Itulah temen-temen tutorial cara melakukan backup driver windows baik itu 7,8,10 caranya sama saja. semoga mdah di praktekan dan jangan lupa untuk berkomentor jika masih kebingungan.

 


Posting Komentar untuk "Cara Backup Driver Windows 10 Dengan Cmd dan Menginstall Kembali"