Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Laptop atau Netbook adalah alat elektronik yang sangat rentan rusak, dan harus hati-hati saat memakainya, dalam artikel saya kali ini saya akan membahas pentingnya merawat keybord pada laptop atau netbook kita, 
 
keyboard adalah perangkat penting yang harus kita jaga karena tanpa keyboard kita tidak akan bisa menulis dengan praktis dan melakukan tugas kebutuhan kita. 

Keyboard adalah satu perangkat yang bisa kapan saja rusak,dan ketika rusak salah satu saja tentu itu akan sangat menganggu karena berakibat pada tombol yang lain, karena sistem keyboard yang memakai jalur yang saling berhubungan dan mengunakan hitungan tersendiri untuk menghasilkan sebuah huruf.
 

Penyebab Keyboard Laptop Cepat rusak

Di bawah ini adalah beberapa kebiasaan pengguna Laptop yang bisa jadi merusak keyboard, jangan sampai ini di lakukan oleh satu temen-temen

Kotoran Debu 

Seringkali teman-teman menggunakan Laptop hanya seperlunya saja, dan Setelah selesai Laptop tidak pernah di perhatikan kebersihanya

Banyak Debu yang memang jika tidak di teliti dengan serius memang tidak terlihat, seprti hanya kotor sedikit saja

Namun Tidak kita sadari Kotoran debu tersebut masuk ke dalam celah-celah keyboard dan dalam waktu yang lama debu terbut menyumbat jalur sehingga membuat keyboard eror entah itu mencet sendiri atau eror tidak bisa di pencet.

Kelembapan Suhu Udara

Penyebab Keyboard laptop rusak yang kedua adalah di karena kelembaban udara pada tempat anda tinggal, sepengalaman saya kasus ini sering terjadi di area yang dingin. seperti daerah gunung.

Biasanya keyboard rusak karena udara lembab dan laptop jarang di pakai, sehingga jalur pada keyboard menjadi berjamur dan putus atau masalah lain dan hasilnya keyboard menjadi eror.

Jarang di pakai / Jarang melakukan pengetikan

Untuk masalah yang satu ini solusinya tidak tahu, karena kalau kamu tak punya perkejaan apapun kenapa harus ngetik-ngetik segala

toh sekarang apa-apa baca-baca google sudah di lakukan melalui HP semua, Namun apa salahnya bermain facebook menggunakan laptop, mungkin saja asik juga.

Rata-rata laptop Jarang di pakai Yang rusak pada awal-awal adalah Keyboard, dan jika kamu Tidak beruntung Laptop kamu bisa eror atau mati

Cara Merawat keyboard

Cara perawatan pada keyboard bisa di simpulkan pada paragraf di atas, di karenakan permasalahan keybord adalah debu maka perawatan yang harus kita lakukan adalah menjaga kebersihan pada keyboard laptop atau neetbook kita
 
Jadi perawatan keyboard laptop sangatlah mudah hanya menjaga kebersihanya saja sudah cukup. 

Bersihkan Pakai Kuas Atau Kemoceng


Bersihkan laptop kamu pakai kuas, perawatan ini tidak hanya pada keyboard saja. karena permasalahan laptop terjadi  karena Panas dan hal tersebut di akibatkan kotor oleh debu. 

Bahkan Pada lubang Ventilasi kipas laptop biasanya tersumbat karena Debu, Debu tersebut menumpuk pada besi pendingin dimana angin keluar, dan menyumbatnya sehingga angin tidak bisa keluar berakibat laptop cepat panas.

Di Pakai Ngetik Secara berkala

Hal yang bisa kamu lakukan lainya agar Keyboard kamu awet adalah dengan memakai atau mengetik secara berkala, Jika terlalu lama tidak di pakai keyboard ada kemungkinan menjadi lembab, dan bisa mengalami kerusakan.

Apalagi jika kamu tinggal di daerah dingin, dimana keyboard menjadi lebab yang mengakibatkan keybord menjadi eror.

Bagaimana Jika keyboard Terlanjur Rusak?

Jika keyboard sudah terlanjur rusak kamu bisa memperbaikinya sendiri yaitu dengan mencari tombol di mana yang rusak dan mencoba untuk membokar dan membersihkan tempat tombol atau jalur pada tombol tersebut.  (Persentase jadi sangat sedikit) 

Kamu kalau beruntung bisa jadi keyboard kamu bisa kembali normal, namun jika tidak kemungkinan kamu bisa mematahkan salah satu kaki dudukan keyboard dimana Part ini tidak ada yang jual.

Do with Your Own Risk teman teman 

Tetapi jika kamu tidak berani untuk membongkarnya saya sarankan kamu membawa laptop kamu ke toko Servis komputer terdekat.

 
 

Posting Komentar untuk "Cara Merawat Keyboard Laptop Agar Tidak Cepat Rusak"